Minggu, 12 Oktober 2008

PEMPEK

Pempek Palembang
Siapa yang tidak kenal Kota Palembang ? Palembang adalah kota yang terkenal dengan ciri khas adat budaya serta kebersihan dan keramahan kotanya. Salah satu yang menjadi ikon Palembang adalah jembatan Ampera. Jembatan yang dibangun April 1962 itu menghubungkan seberang ulu dan ilir yang dipisahkan Sungai Musi. Sungai Musi menjadikan Palembang sebagai kota wisata sungai.
Ciri khas kota Palembang lainnya adalah makanan tradisional dikenal Pempek. Menurut rekan-rekan saya di Jakarta, sebagian besar warga Ibu Kota mengenal Pempek Kapal Selem. Selebihnya orang-orang seantero negeri tak banyak yang tahu kalau pempek beraneka ragam jenis.
Nah di blog ini, saya paparkan jenis-jenis pempek lain yang patut diketahui. Kalau anda seorang penggemar kuliner.. jangan lupa mampir ke Palembang dan mencicipi aneka pempek yang bukan cuma kapal selem aja oche?
Pempek memang hidangan spesifik Palembang dengan bentuk yang padat, terbuat dari unsur protein (ikan) dan karbohidrat (tapioka/sagu). Hidangan tersebut biasa disajikan bersama saus dengan rasa asam, pedas dan manis yang disebut Cuko.. Apalagi dengan aroma yang menggugah selera, karena bumbu cina (bawang putih, tongcai dan ebi) selalu menyertainya.

Pempek atau "kelesan" umumnya dikerjakan oleh orang Palembang Asli, sedangkan pemasaran banyak dilakukan oleh pedagang Cina. Menurut cerita, pada tahun 1916 nama makanan tersebut adalah Kelesan yang artinya cara membuatnya dikeles-keles (diuleni). Ada juga yang mengatakan kelesan berarti tahan disimpan lama (jika dibuat kemplang). Pada waktu itu warga kampong keraton jika memanggil pedagang Cina tersebut dengan panggilan : "Pek, empek, apek!: Maka sampai sekarang nama tersebutlah yang populer. Walau di kalangan masyarakat Palembang asli masih ada yang menyebutnya kelesan. Sekarang ini nama pempek kelesan adalah yang berbentuk kerupuk atau seperti putu mayang.


ANEKA PEMPEK
(pempek dadar atau Pempek Lenggang bakar), pempek ini berbentuk empat persegi, dibuat menggunakan wadah/takir persegi empat yang dibuat dari daun pisang berukuran 10 x 10 cm. takir yang berisi potongan pempek yang direndam/dicampur/didadar dengan telur bebek. takir diletakkan di atas bara arang dimasak hingga matang. pempek lenggang biasanya disajikan dengan cuko serta cacahan ketimun dan ebi bubuk. Pempek Lenggang selain dimasak dengan cara meletakkan takir di atas bara arang, dapat juga dilakukan dengan cara mendadar adonan (potongan pempek dan telur) dengan wajan anti lengket atau biasa disebut Pempek Lenggang Goreng
Pempek Lenggang
Pempek Tunu, (pempek panggang), pempek panggang tidak jauh berbeda dengan pempek lenggang, pempek ini berbentuk bola, yang dibakar di atas bara arang kemudian dibelah tapi tidak sampai putus. belahan pempek diisi dengan 1 sendok teh ebi bubuk, 1 sendok teh kecap manis, cabai rawit yang dihaluskan secukupnya. pempek tunu lebih enak dihidangkan selagi panas.
Pempek Panggang / Pempek Tunu

Pempek Otak-otak (Pempek bungkus daun), bentuk pempek ini diolah dengan cara dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibakar di atas bara hingga matang.
Pempek Otak-otak Ikan
Pempek kapal selem (pempek telok), pempek yang diisi dengan telur, ukurannya ada yang kecil ( pempek telok kecik ) dan ada juga yang besar ( pempek kapal selem)
Pempek Kapal Selam (Pempek Telok Besak)

(pempek batangan), pempek ini bentuknya batangan atau silinder sebesar lengan, dapat disajikan dengan cara rebus atau goreng, pempek lenjer biasanya dipotong-potong kecil, baru digoreng dan disajikan dengan cuko.Pempek ini juga biasa disebut Pempek Lenjer.
Pempek Lenjer besar dan irisan pempek

Pempek Kelesan (pempek keriting),adonan pempek ini seperti putu mayang, dengan jalinan seperti kerupuk, pempek ini diolah dengan cara dikukus. Pempek kelesan biasa juga dikenal sebagai Pempek Kerupuk.

Pempek Kelesan atau Pempek Kerupuk
 Pempek Kulit (pempek dari ikan sisa),adonan pempek ini dari sisa-sisa daging ikan yang berwarna merah/hitam dan kulit ikan yang dihaluskan, dan digoreng. Bentuk pempek ini bulat pipih.
Pempek Kulit
 Pempek Dos(pempek meletup), adonan pempek dibentuk pastel dengan isi ebi yang dihaluskan kemudian digoreng. pada saat digoreng pempek ini akan merekah dan mengeluarkan bunyi letupan, itulah kenapa pempek ini dinamakan pempek Dos

Pempek Ada'an (pempek dadak), pempek ada'an adalah sejenis pempek yang digoreng berbentuk bulat seperti bakso, adonan pempek merupakan campuran daging ikan, santan dan daun bawang yang selesai diadon langsung digoreng.
Pempek Ada'an

 Pempek Pistel/ pempek kates (pempek pastel), pempek dibentuk seperti pastel yang diisi ragout pepaya/tumisan tauge atau ebi bubuk.
Pempek Pistel
Pempek Tahu adalah pempek yang diisi dengan tahu, pempek ini serupa dengan pempek telor hanya saja isinya berupa tahu.
Pempek Tahu
Pempek Tahu

Laksan, laksan merupakan pempek lenjer yang dipipihkan kemudian dipotong-potong kemudian dicampur dengan kuah kaldu ikan berbumbu dan bersantan. waktu disajikan laksan ditaburi dengan bawang goreng dan kucai.dihidangkan dengan sambal goreng,.
Makanan khas Palembang : LAKSAN

Celimpungan, hampir sama dengan laksan hanya saja kuahnya diberi kunyit hingga berwarna kekuningan dan pempeknya bukan pempek lenjer yang dipipihkan tetapi pempek berbentuk bola pingpong.
Makanan khas Palembang : CELIMPUNGAN
Model ikan, pada dasarnya dibuat dari adonan yang sama dengan pempek kapal selam. Bedanya, model diisi dengan tahu dan digoreng sebelum disaji. Pada waktu dihidangkan, model di campur dengan kuah model yang terbuat dari kaldu udang Selain dicampur dengan bihun, biasanya dicampur dengan timun dan ebi.
Model Ikan

Model Gandum, terbuat dari tepung terigu. Biasanya model gendum ini lebih murah daripada model ikan
Model Gandum

Tekwan adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu yang dibuat dalam ukuran kecil-kecil, dan disajikan dengan menggunakan kuah dengan rasa yang khas. Biasanya pelengkap tekwan adalah bihun dan jamur.
Tekwan
 Godo-godo/Gegodo (Bakwan), gegodo sama seperti halnya bakwan, dibuat dari gandum yang dicampur / diadon dengan telur dan sedikit garam, terkadang dipakai udang kecil- kecil, yang membuat gegodo menjadi penganan sore yang ringan.
Godo Godo Gandum Palembang
Mie Celor merupakan penganan khas Palembang yang terbuat dari mie yang dicelorkan dan ditambah telor. Rahasia kelezatan mi celor  terletak pada penggunaan udang sebagai pelezat utama kuahnya. Yaitu Otak Udang Satang yang dilembutkan sehingga bisa menghasilkan adonan kuah yang kental, lembut, gurih dan berwarna agak kemerah mudaan.
Mie Celor
 Ragit adalah kuliner khas dari Palembang. Makanan ini mirip roti jala dari India. Bentuknya bisa segitiga, bisa pula seperti dadar gulung. Biasanya, ragit disantap dengan kuah daging kari. Ragit terbuat dari terigu, telur, dan garam. Untuk kuah ada kentang, daging sapi, santan kelapa, dan bumbu kari. Ragit biasanya dibuat terlebih dulu dengan cara didadar. Sedangkan kuah dibuat belakangan seperti menggulai kari biasa.  Saat mau dimakan, roti ragit dadar disiram dengan kuah kari, biasanya ditaburi bawang goreng dan cabai hijau panjang dipotong-potong kecil.
Ragit
Burgo adalah Racikan mi khas Palembang yang memiliki rasa kenyal-kenyal gurih. Kuahnya merupakan campuran dari daging ikan gabus yang  gurih dan wangi.
Burgo, kuah burgo yang terbuat dari daging ikan gabus dan sambal
Burgo saat disajikan

Tidak ada komentar: